Pertemuan Ilmiah Nommensen Medika Nasional (PINMAS) Ke-3 Tahun 2024 Berkontribusi Signifikan dan Dorong Kolaborasi Lintas Disiplin

Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan sukses menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Nommensen Medika Nasional (PINMAS) ke-3 dengan tema “The Role of General Practitioners in Prevention and Control of Tropical Infectious Diseases.” Acara yang berlangsung di Gedung Murni Sadar, Lantai 6, Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan ini diselenggarakan oleh FK UHN Medan bekerja sama dengan Forum Komunikasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Badan Kerja Sama Pendidikan Tinggi Kristen di Indonesia (FORKOM FKIK BKPTKI) serta Murni Teguh Memorial Hospital Medan

Acara berlangsung selama tiga hari dari tanggal 3 hingga 5 Oktober 2024, diawali dengan serangkaian workshop pre-simposium pada tanggal 3 Oktober 2024. Workshop paralel yang diselenggarakan meliputi: Workshop USG PoCUS/ FAST + Hands-on, dipandu oleh dr. Rahel Sitorus, SpRad (K-RI), Workshop USG Obsgin + Hands-on, dengan pembicara Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG, Workshop Basic Hecting, dipandu oleh dr. Owen Sitompul, MKed(Surg), SpB.

Pada tanggal 4 dan 5 Oktober 2024, simposium utama diadakan dengan berbagai sesi menarik yang menghadirkan pembicara ahli di bidangnya. Plenary Session pertama pada tanggal 4 Oktober bertema “Bagaimana Menjadi Dokter yang Berempati dan Profesional” dengan pembicara Prof. Dr. dr. Yusak MT Siahaan, SpN(K), FIPP, CIPS, M.Min, serta plenary session ke-2 dibawakan oleh Brigjend TNI (P) dr. Alexander K. Ginting, SpP(K), FCCP, yang membahas “Awareness Against Pandemic Cycle.”

Selain itu, terdapat 4 sesi simposium yang mengangkat subtema seperti:Mental Disability: To Serve and To Love, yang membahas pendekatan psikologis dan spiritual terhadap pasien dengan gangguan kesehatan mental, diisi oleh Prof Dr. dr. Elmeida Effendy, MKed(KJ), SpKJ(K), Dr. Sukanto Limbong, M.Th, dan Dr. Nenny Ika Putri Simarmata, M.Psi. Manajemen Sindroma Metabolik pada Praktek Sehari-Hari, dipresentasikan oleh dr. Nizam Akbar, SpJP(K), dr. Brama Ihsan Sazli, SpPD-KEMD, dan dr. Hilna Khairunisa Shalihat, M.Gizi, SpGK.

Simposium hari kedua, Sabtu, 5 Oktober 2024, melanjutkan dua sesi simposium dengan subtema: Kasus Infeksi Sehari-hari dengan topik seperti Hepatitis B oleh dr. Herryanto Tobing, SpPD-KGEH, FINASIM, Typhoid Fever oleh dr. Tambar Kembaren, SpPD-KPTI, dan Tuberculosis oleh dr. Parluhutan Siagian, SpP(K). Vaksinasi, dengan tema vaksin pneumokokus oleh Brigjend TNI (P) dr. Alexander K. Ginting, SpP(K), FCCP, vaksin pada kasus Hand Foot Mouth Disease (HFMD) serta Japanese Encephalitis untuk anak oleh dr. Inke Nadia D. Lubis, MKed(Ped), SpA(K), PhD, dan vaksin pada pasien HIV oleh dr. Terang Meliala, SpPD, DTM&H.

Acara simposium ini diketuai oleh dr. Prima Heptayana Nainggolan, SpN dan secara resmi dibuka melalui pemukulan gong oleh Wakil Rektor IV, Dr. Ir. Erika Pardede, M.App, Sc. Acara ini ditutup oleh Dr. dr. Leo Simanjuntak, SpOG, Dekan Fakultas Kedokteran UHN Medan. PINMAS tahun ini dihadiri oleh lebih dari 150 peserta, termasuk mahasiswa kedokteran, dokter umum, dan dokter spesialis dari Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta, hingga Sulawesi Selatan. Selain itu, terdapat lomba poster mahasiswa dengan pemenang Juara 1 Oktavia Lumbangaol, Juara 2 Sadarman Batee, dan Juara 3 Lydia Anastasia.

Pertemuan ilmiah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat peran dokter umum dalam pencegahan dan pengendalian penyakit infeksi tropis, serta mendorong kolaborasi lintas disiplin untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Open chat
Silahkan Chat untuk mengetahui informasi tentang Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen